Tingkatkan Kualitas Pembelajaran, UIN Salatiga Pelajari Pengukuran Ketercapain Audit Pembelajaran dalam Implementasi OBE di UMY

Yogyakarta, 27 November 2025 — Upaya peningkatan mutu pendidikan terus dilakukan oleh UIN Salatiga. Hal ini diwujudkan melalui kegiatan benchmarking ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Kamis (27/11), dengan fokus utama pada Pengukuran Ketercapaian Audit Pembelajaran dalam Implementasi Outcome Based Education (OBE).

Kegiatan diawali dengan sambutan hangat dari Dr. Nuryakin, SE, MM, yang mewakili pimpinan UMY. Dalam sambutannya, ia menegaskan bahwa UMY sangat terbuka untuk berbagi pengalaman dan praktik baik terkait tata kelola mutu pembelajaran.

“Kami menyambut baik kedatangan UIN Salatiga. Semoga forum ini menjadi ajang saling belajar dan memperkuat kualitas pendidikan di kedua institusi,” ujar Dr. Nuryakin.

Rombongan UIN Salatiga dipimpin oleh Kepala Pusat Pengembangan Standar Mutu (PSM) LPM UIN Salatiga, Dr. Erna Risfaula Kusumawati, M.Si. Dalam pemaparannya, ia menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan langkah strategis untuk memahami lebih dalam bagaimana UMY menerapkan audit pembelajaran berbasis OBE secara sistematis.

“Kami datang untuk belajar langsung mengenai pengukuran ketercapaian audit pembelajaran. UMY telah dikenal memiliki praktik baik dalam implementasi OBE, dan kami ingin mengadopsi hal tersebut untuk peningkatan mutu di UIN Salatiga,” jelasnya.

Pada sesi diskusi inti, tim dari UMY menjabarkan berbagai best practice yang telah diterapkan, mulai dari mekanisme evaluasi capaian pembelajaran, pemetaan CPL–CPMK, penyusunan instrumen audit, hingga pemanfaatan teknologi dalam monitoring implementasi OBE.

Suasana diskusi berlangsung aktif dan produktif. Kedua institusi saling bertukar pandangan terkait tantangan dan strategi dalam menjaga kualitas pembelajaran mengikuti standar OBE yang berorientasi pada capaian lulusan. Kegiatan benchmarking ini diharapkan dapat memperkuat sistem penjaminan mutu di UIN Salatiga, sekaligus membuka ruang kolaborasi lanjutan antara kedua perguruan tinggi dalam pengembangan mutu pendidikan yang berkelanjutan.